Alami Perlambatan Premi Akibat Pandemi, Taspen Life Genjot Penjualan Produk Ini

Alami Perlambatan Premi Akibat Pandemi, Taspen Life Genjot Penjualan Produk Ini
2020-07-08
Alami Perlambatan Premi Akibat Pandemi, Taspen Life Genjot Penjualan Produk Ini

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) berharap besar penjualan beberapa produk unggulannya mampu mendongkrak kinerja perusahaan pada Semester II/2020.

Head of Corporate Secretary Taspen Life Melly Eka Chandra menjelaskan hal ini berkaca pada data proyeksi kinerja Taspen Life pada Semester I/2020 per Mei 2020.

Pada periode ini, Melly mengungkap bahwa Taspen Life mengalami pertumbuhan yang cukup baik dari capaian 31 Desember 2019. Total Aset Investasi tumbuh 3,11 persen (year-to-date/ytd), Total Aset juga tumbuh sebesar 2,23 persen (ytd), Hasil Investasi pun tumbuh sebesar 22.62 persen (year-on-year/yoy) dibandingkan dengan capaian Mei 2019.

"Namun, dikarenakan pandemi yang sedang dihadapi dan berdampak juga ke seluruh industri, maka per Mei 2020 Taspen Life mengalami perlambatan pertumbuhan Premi Bruto dari 31 Mei 2019. Yakni, sebesar 27.65 persen [yoy] dan Laba 25.78% [yoy]," jelasnya kepada Bisnis, Selasa (7/7/2020).

Oleh sebab itu, Melly menjelaskan bahwa target bisnis Taspen Life saat ini, yaitu fokus memperluas pangsa pasar dengan meningkatkan penjualan produk individu.

"Di antaranya Taspen Proteksi Beasiswa dan Taspen Dwiguna Sejahtera. Serta mengoptimalkan saluran distribusi yang telah dimiliki yakni agen pemasaran, pembukaan Kantor Pemasaran baru, Taspenssurance, dan Bancassurance," tambahnya.

Ada pula produk baru Taspen Life, yaitu Taspen Executive Endowment yang merupakan Produk khusus bagi nasabah dari bank mitra yang ingin berinvestasi dengan tambahan proteksi jiwa di dalamnya.

Di mana manfaatnya akan dibayarkan sebesar 120 persen jika mengalami risiko meninggal karena kecelakaan dan sebesar Rp10 juta jika meninggal bukan karena kecelakaan.

Sedangkan Taspen Save merupakan produk unggulan Taspen Life untuk asuransi jiwa kumpulan. Produk ini memberikan manfaat perlindungan jiwa dan perencanaan hari tua karyawan yang dapat dimanfaatkan sebagai tabungan masa purna bakti serta memberikan dana santunan apabila terjadi risiko pada peserta dalam masa asuransi.

Terakhir, Taspen Smart Save program yang dirancang melebihi produk proteksi jiwa biasa. Namun, juga memberikan saving solution bagi rencana keuangan masa depan dengan manfaat akumulasi premi dan pengembangannya saat tertanggung mencapai akhir masa asuransi, atau memberikan manfaat asuransi apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi ditambah dengan akumulasi premi dan pengembangannya.

"Selain itu, kami terus meningkatkan layanan berbasis digital melalui apilkasi my Taspen LIFE yang dapat dimanfaatkan oleh para Peserta maupun calon peserta. Taspen Life menghadirkan inovasi berupa layanan digital polis, layanan Autoklaim untuk produk-produk jatuh tempo, layanan klaim proaktif termasuk untuk produk Asuransi Purna Jabatan, dan layanan klaim terintegrasi," tutupnya.


Sumber : https://finansial.bisnis.com/read/20200708/215/1262946/alami-perlambatan-premi-akibat-pandemi-taspen-life-genjot-penjualan-produk-ini